Selasa, 02 Juli 2013

Jersey Sepakbola Terburuk Sepanjang Masa


I'M IS GOONERS

Jersey-jersey aneh dan unik sepanjang sejarah sepakbola

Kumpulan jersey aneh sepakbola dunia.
Tidak hanya klub kecil, klub besar juga terkadang memakai seragam yang aneh dan kurang menarik.

Dalam dunia sepakbola, seragam klub yang biasa disebut dengan istilah jersey memang memiliki daya tarik tersendiri. Tidak sedikit para maniak jersey ini membuang uang untuk membeli jersey dari klub kesayangannya dari musim ke musim. Merek-merek olahraga ternama juga berlomba-lomba untuk menjadi sponsor dari klub-klub besar yang nantinya akan membawa keuntungan besar dari segi penjualan merchandise, terutama jersey.

Tapi tidak semua apparel besar itu berbuat normal. Kadang-kadang mereka mungkin mencoba bereksperimen dengan membuat desain atau motif aneh untuk diaplikasikan di seragam klub yang mereka sponsori. Ada juga yang terkesan aneh walaupun memiliki background yang kuat, misalnya jersey kandang Manchester United musim 2012/2013 ini yang dijuluki seperti taplak meja. Sebetulnya apparel mereka, Nike membuat sebuah inovasi besar dimana motif kotak-kotak tersebut diambil dari motif gingham yang memang merupakan salah satu karya dari kota Manchester.

Kejadian serupa dialami oleh Inter Milan karena jersey tandang mereka pada musim 2011/2012, dimana di bagian sampingnya terdapat gambar naga berwarna biru hitam yang menjadi bahan ejekan para pecinta sepakbola. Tapi sebetulnya lambang naga itu diinspirasi dari legenda kota Milan.

Berikut beberapa jersey yang menjadi perbincangan banyak orang karena desainnya yang 'tidak biasa'


 

Recreativo Huelva Away Kit 2012/2013

Klub dari segunda division liga Spanyol dengan desain jersey-nya yang imut

Jersey polka dots ini diciptakan oleh apparel asal Denmark bernama Hummel untuk klub asal Spanyol, Recreativo Huelva untuk musim 2012/2013. Jersey unik ini dijadikan jersey tandang bagi klub penghuni liga Segunda Division B alias liga divisi 3. Entah apa yang merasuki tim kreatif Hummel sehingga bisa membuat jersey dengan motif selucu ini. Mungkin jersey yang terkesan ini lebih cocok jika digunakan oleh skuad wanita dari Recreativo Huelva, bukan skuad pria.

Hull City home kit 1992/1993


The Tigers, julukan untuk Hull City yang diaplikasikan pada jersey mereka

Hull City memang dikenal dengan sebutan The Tigers, tapi nama julukan tersebut tidak seharusnya diadaptasikan di jersey klub mereka. Jersey kandang mereka pada musim 1992/1993 bergaya animal print ini cukup pantas menempatkan Hull City sebagai klub yang pernah memiliki jersey unik, bahkan aneh.

FC Barcelona Away Kit 2012/2013



Christian Tello, salah satu risingstar FC Barcelona tampil dengan jersey ala jus jeruk
Jersey Lionel Messi cs musim ini memang cukup aneh. Ya, apparel Nike membuat efek gradasi pada jersey kandang dan tandang mereka dan itu cukup mengganggu, terutama pada jersey tandang. Warna gradasi dari kuning dan oranye pada jersey Barca justru terlihat seperti segelas jus jeruk yang belum diaduk dan mengumpal di dasar gelas.

Mexico Home Kit 1996/1998



Jersey yang dipakai timnas Meksiko pada Piala Dunia 1998 di Perancis

Jersey ini memang ingin menonjolkan sisi budaya dari Meksiko, sebuah eksplorasi yang cukup menarik. Tapi jersey yang digunakan pada tahun 1998 ini bisa dibilang cukup unik mengingat jersey ini tampil full print dengan dasar berwarna hijau bermotif aztec. Epic! Cukup seru untuk dipakai jalan-jalan.

Mexico / Jorge Campos



Jorge Campos, penjaga gawang bergaya nyentrik
 
Jorge Campos menjadi dalang dari kemunculan jersey aneh ini pada Piala Dunia 1994 dan 1998. Kiper Meksiko yang satu ini memang sering memakai jersey aneh dengan warna-warna yang mentereng dan bercampur aduk. Bisa jadi jersey ini dipakai oleh Campos untuk mengganggu konsentrasi lawan. Walaupun jersey ini terlihat norak, tapi jersey-jersey Campos yang memang dibuatkan khusus untuk dirinya ini amat sangat layak dikoleksi. Tapi apa kalian yakin mau memakai jersey ini keluar rumah?

Arsenal away kit 1991/1993



Jersey aneh Klub Meriam London yang laku keras di pasaran

Selain Nike, brand raksasa lain juga pernah membuat blunder dalam desain jersey-nya. Tidak tau bagaimana awal mula jersey ini tercipta, tetapi jersey ini menjadi salah satu jersey terburuk yang dimiliki Arsenal. Tapi uniknya, jersey yang dikenal dengan nama “Bruised Banana” ini justru laku keras di pasaran karena keunikannya.

England Goalie 1990/1993



Ekspresi bahagia Seaman dilengkapi dengan jerseynya yang cukup 'ramai'
David Seaman jadi ikon untuk jersey buatan Umbro ini. Dengan motif warna-warninya, Umbro membuat kiper timnas Inggris ini cukup terlihat konyol. Kiper yang mengalami masa-masa jaya di klub Arsenal ini juga makin terlihat aneh dengan potongan rambutnya yang unik dan juga kumisnya yang tebal.

Kamerun Home Kit 2001/2002



Samuel Eto'o cs saat menggunakan jersey lengan buntung timnas Kamerun
 
Jersey paling mengejutkan yang pernah ada di pentas dunia. Kamerun memakai jersey sleeveless pada pagelaran akbar Piala Dunia Korea-Jepang pada tahun 2002. Jersey tanpa lengan ini mengundang kontroversi dan kasus ini ditangani langsung oleh FIFA dengan memberikan peringatan kepana timnas Kamerun. Nampaknya Kamerun tidak kapok membuat ulah. Setelah itu Kamerun menggunakan one piece jersey dimana jersey tersebut sangat ketat dan terlihat seperti meggunakan kaos dalam saja.

Manchester United Away Kit 1990/1992



Ryan Giggs, produk segar akademi United di tahun 1992
Tahun-tahun kemunculan para legenda baru Manchester United seperti Ryan Giggs, David Beckham, Paul Scholes, Nicky Butt, serta Gary dan Phil Neville ini ditandai dengan jersey yang cukup nyentrik dengan motif yang kurang jelas. Perpaduan warna putih dan biru ditambah dengan sentuhan warna merah pada sponsor dan kerah sebenarnya sebuah paduan warna yang bagus. Tetapi perpaduan itu nampak aneh untuk jersey yang satu ini.

Norwich City Home Kit 1992/1994



Jersey kebanggaan Norwich City dimana mereka bertanding melawan Inter Milan dan Bayern Munchen
Jersey ini dipakai oleh Norwich City ketika mereka lolos ke piala UEFA. Jersey ini cukup meresahkan lawan dengan motifnya yang kurang enak dipandang. Jersey yang dijuluki bird-poo ini sukses mengecoh perhatian dua klub besar yang saat itu bertanding melawan Norwich City, yaitu Inter Milan dan Bayern Munchen.

Jika Masih Ada Yang Kurang Elu Bisa Beri Komentar Di Bawah Ini Atau Memberitahukanya Ke Akun Twitter Ku @ihdnagoblok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar